Jumat, 16 Januari 2015

Dandelion (003)

Masa SMA,. Adalah masa dimana ku tahu bahwa peluh dan air mata tak terbayar oleh apapun di dunia ini,. Karena keduanya adalah saksi bisu pengalaman yang menjadi guru paling berharga bagi seorang aku,. Perempuan bertubuh kecil namun berhati titanium (Aamiin)..

Rasanya aku tak ingin menghitung,. Ini tempat tinggal yang ke berapa yang aku singgahi,.

Tangerang, sekitar tahun 2006,.
Aku lulus ujian masuk SMA negeri 1 Curug, sekolah dg guru” hebat dan siswa siswi terbaik yang aku kenal., (sekarang SMAN 3 kabupaten Tangerang),.

Rumah ku jauh dr sekolah ini,.. dr tempat tinggal pinggiran kota ke kabupaten,. Dan hanya berbekal ongkos,.
Aku hampir lupa,. Pada saat itu, dg hanya berbekal ongkos,. Darimana aku bisa jajan? (hehehhe)

Yaa., aku kerja,.
Aku adalah seorang kuli setrika, di rumah saudara ku,.
20 ribu untuk 2 atau 3 hari,. Dengan baju setrikaan menumpuk menjulang tinggi,. Levis berlipat, jaket kusut dan sampai ke pakaian dalaman mereka,.
(malu,..  tapi harus aku ceritakan,. Aku takut, kenangan penting yang membuatku sekarang bahagia akan terlupakan),.
Aku harus merapihkan, menghaluskan,. Sampai ke dalam lipatan semua pakaian tersebut,. dengan harga 20 ribu,. Mereka siap melemparkan kembali pakaian yang sekiranya kurang rapih ke hadapanku,.

Meskipun begitu,. Aku tak lelah dan malu untuk bertanya dalam hati pada Allah dan mama,.
“apakah besok ada setrikaan yg menumpuk lagi?., karena ongkosku ke sekolah sudah habis”..
(jika mama mengingat ini,. Hati mama selalu teriris,. Yaa, aku tahu,. Hati mama teriris ,. Aku tahu,. Dari air matanya yang berlinang jika menceritakan hal ini pada adik-adikku,.)

Malamnya, aku menjaga warung telpon (wartel) yang pada saat itu,. Masa kejayaannya diujung tanduk,.,
Ketika pendapatan menurun,. Penjaga wartel (yaa,. Aku) menjadi imbasnya.,.
“neng,. Kalo bisa jaga wartelnya jangan sambil belajar yaa,. Nanti ga focus,. Nanti kecolongan pulsa” itu katanya.,. kata kaka dari ibuku,.. yang keliatannya sayang padaku,.

Beliau yang Memberiku uang jajan SETELAH peluh dan air mata terurai.,.
(dan pada saat itu aku berjanji,.. untuk mengembalikan atau memberinya uang SEBELUM bibirnya terucap membutuhkan,. SEBELUM Peluh dan air matanya keluar, karena aku percaya, roda dunia kehidupan Allah yang putar). ---> 2013 - sekarang janji itu aku tepati, atas izin Allah…
(to be continue)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar